Pertamakali Musda DPD Jatim dan Muscab DPC Asperda Surabaya Dilaksanakan Serentak

Iklan Atas Semua Halaman

.

https://jejetrans.com/

Loading...

Pertamakali Musda DPD Jatim dan Muscab DPC Asperda Surabaya Dilaksanakan Serentak



Surabaya, JejeNews.co.id - Asosiasi Pengusaha Rental Daerah (Asperda) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) DPD Jawa Timur yang ketiga dan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Surabaya yang keempat pada 18-19 September 2024 di Arayana Hotel Trawas, Mojokerto. Acara ini menjadi momen penting bagi Asperda, di mana dua calon yaitu Totok incumben dan Supai bersaing untuk menjadi Ketua DPD Jawa Timur, dan tiga calon yaitu Sandhy, Widi dan Rahmad memperebutkan kursi Ketua DPC Surabaya.


Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota DPD dan DPC serta KSB dari berbagai daerah di Jawa Tinur. Tak hanya itu, Ketua Umum Asperda dan Wakil Ketua Umum serta Sekjen juga turut hadir untuk memberikan dukungan dan pengarahan dalam proses pemilihan ini.


Musda dan Muscab kali ini bertujuan untuk memperkuat peran Asperda sebagai mitra strategis pemerintah dalam industri transportasi, sejalan dengan visi besar organisasi untuk terus berinovasi di era digital.


Ketua DPC Asperda Surabaya Yanuar Prawira, menyampaikan, Pada hari ini, Rabu, 18-19 September 2024, DPC Asperda Surabaya menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Cabang sekaligus Musyawarah Daerah Asperda. Dalam agenda ini, kami memilih calon pemimpin untuk tiga tahun ke depan, baik di tingkat Kota Surabaya maupun tingkat Provinsi Jawa Timur. dengan tema "Mewujudkan Kembali Asperda Sebagai Mitra Strategis Pemerintah dalam Pembangunan Industri Transportasi.


"Acara ini kami selenggarakan selama dua hari, dengan mengundang Ketua Umum, Sekjen, pengurus DPC, pengurus DPD se-Indonesia, serta rekan-rekan pengusaha rental se-Jawa Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyongsong masa depan usaha transportasi dengan lebih baik melalui dialog bersama. Dua hari ini adalah waktu yang cukup untuk membangun komunikasi yang baik dan memperkuat soliditas internal organisasi, agar ke depannya Asperda mampu menjadi mitra strategis pemerintah," ungkap Yanuar. 


Lanjut Yanuar, Alhamdulillah, pada usia Asperda Surabaya yang ke-8 tahun, organisasi ini semakin berkembang dan diminati. Banyak kader, baik senior maupun junior, yang ingin memajukan organisasi tercinta ini. Saat ini, ada tiga calon Ketua DPC Surabaya, yaitu Pak Sandi dari IJS, Pak Widi Harianto dari PT Fresh, dan Bapak Rohmat Wahyudi dari Asren. Sementara itu, untuk tingkat Provinsi Jawa Timur, terdapat dua calon, yakni Bapak Totok sebagai incumben dan Bapak Supai dari Surabaya.


"Ketua yang baru tentu diharapkan mampu membawa semangat baru dan warna baru bagi organisasi ini. Usaha transportasi harus menjadi industri yang bermanfaat, baik untuk pemerintah maupun masyarakat. Asperda harus mampu, sekali lagi, menjadi mitra strategis pemerintah dalam industri transportasi," jelas Yanuar. 




Sementara itu Ketua Umum Asperda IndonesiaIndonesia, Didik Prasetyo, menggatakan, sebenarnya, ini merupakan langkah yang sejalan dengan rencana kami di DPP. Baru-baru ini, kami mulai merencanakan Musda dan Muscab yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Ketika wacana ini saya lemparkan, ternyata di Jawa Timur mereka telah memulainya dengan mengadakan Musda dan Muscab secara bersamaan. 


"Harapan saya, dengan contoh dari Asperda di Jawa Timur ini, rencana Musda dan Muscab serentak di seluruh Indonesia bisa terealisasi. Kami berharap Musda dan Muscab kali ini yang dilaksanakan secara bersamaan benar-benar berjalan secara demokratis, sehingga ketua yang terpilih, baik itu Ketua DPC maupun Ketua DPD, benar-benar dipilih melalui proses demokrasi yang murni, tanpa ada intervensi atau hal-hal yang kurang baik," terang Didik. 


Didik juga menuturkan, Di Asperda, pemilihan ketua bisa dilakukan secara langsung oleh seluruh anggota, atau melalui delegasi. Untuk pemilihan ketua umum, karena anggota kami sudah tersebar di seluruh Indonesia, pemilihan dilakukan secara delegasi untuk mempertimbangkan efisiensi waktu dan tenaga. Pemilihan ketua DPD juga ada yang dilakukan melalui delegasi, terutama jika jumlah DPC di bawah naungan DPD tersebut sudah cukup banyak. Namun, bagi DPD yang belum banyak memiliki DPC, pemilihan bisa dilakukan secara langsung oleh seluruh anggota.


"Hari ini, saya mengapresiasi bahwa di Jawa Timur, pemilihan ketua DPD dan DPC bisa dilaksanakan secara langsung dan serentak, di mana seluruh anggota ikut serta dalam pencoblosan. Ini merupakan contoh yang luar biasa dan dapat menjadi barometer bagi Asperda Indonesia dalam melaksanakan pemilihan ketua, terutama ketua DPD secara langsung. Seperti yang saya sampaikan di awal, organisasi yang maksimal memerlukan kehadiran penuh dari seluruh anggota, dan hari ini Jawa Timur mampu mengorganisir anggotanya untuk hadir dan berpartisipasi secara langsung," tuturnya. 


"Sebagai Ketua Umum, saya berharap contoh baik dari Jawa Timur ini bisa diikuti oleh DPD dan DPC di seluruh Indonesia. Ini adalah langkah pertama menuju rencana kegiatan pemilihan serentak, dan kami berharap pelaksanaan di Jawa Timur ini bisa menjadi acuan bagi daerah lain dalam melaksanakan Musda dan Muscab serentak di masa mendatang," harapnya. 


Untuk Musda DPD Asperda Jawa Timur dan Muscab DPC surabaya berjalan dengan lancar, Pemilihan Ketua DPD Jawa Timur Totok terpilih jadi ketua masa periode 2024 -2027 sedangkan ketua DPC Surabaya Sandhy yang terpilih menjadj Ketua. (So)