HUT RI Ke 78, RW 10 Muharto Gelar Lomba Karnaval dan Tumpeng Bertajuk Beautiful Indonesia.

Iklan Atas Semua Halaman

.

https://jejetrans.com/

Loading...

HUT RI Ke 78, RW 10 Muharto Gelar Lomba Karnaval dan Tumpeng Bertajuk Beautiful Indonesia.

 

HUT RI Ke 78, RW 10 Muharto Gelar Lomba Karnaval dan Tumpeng Bertajuk Beautiful Indonesia.


Jejenews.co.id, Malang - Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke -78, Warga RW ( Rukun Warga ) 10, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang menyelenggarakan lomba tumpeng dan karnaval, Rabu - Kamis, 16-17 Agustus 2023.


Perlombaan sendiri melibatkan 12 ( Rukun Tetangga ) yang ada di lingkup wilayah RW 10. Untuk tema yakni beautiful Indonesia yang menggambarkan keragaman budaya dari berbagai suku bangsa. Sehingga Indonesia dikenal memiliki warisan budaya yang kaya.


Setiap RT yang terlibat menampilkan suku bangsa yang berbeda, salah satunya RT 03 yang menampilkan adat istiadat budaya Banyuwangi. 


Menurut Roni Karya selaku ketua RT 03 menyampaikan, Banyuwangi punya histori sejarah yang sangat luar biasa, termasuk juga suku Osing yang sampai saat ini masih punya tradisi kuat.


"Untuk karnaval sendiri kami menampilkan tari Gandrung yang dibawakan ibu- ibu. Kemudian di barisan belakang tampilan dari suku Osing. Dilanjutkan penampilan singa barong, yang konon ceritanya singa ini keluar dari hutan Alas Purwo," terang Roni, Kamis, (17/8/2023).


Untuk mempersiapkan serangkaian acara ini, Roni mengakui membutuhkan waktu 2 Minggu. Baik itu musyawarah, koordinasi, latihan dan pendanaan.


"Untuk anggaran berasal dari swadaya masyarakat. Berkat kebersamaan dan kekompakan warga, Alhamdulillah untuk lomba tumpeng kita berhasil keluar sebagai juara 3. Sedangkan untuk karnaval belum di umumkan. Untuk penjurian lomba berasal dari Kelurahan Kota Lama," jelasnya.


Pria yang sehari-hari yang juga berprofesi jurnalis ini berharap kepada warganya, untuk senantiasa menjaga guyub rukun. Serta menjunjung tinggi asas gotong royong.


"Kunci utamanya yang harus dilakukan yakni komunikasi, koordinasi sehingga terwujudlah kolaborasi," pungkasnya.


(Don/Red/Jejenews)