Malang Bergerak, Lestarikan Seni Dan Budaya Warisan Leluhur.

Iklan Atas Semua Halaman

.

https://jejetrans.com/

Loading...

Malang Bergerak, Lestarikan Seni Dan Budaya Warisan Leluhur.

 

Malang Bergerak, Lestarikan Seni Dan Budaya Warisan Leluhur.


Jejenews.co.id, Malang - Beberapa para seniman dari berbagai paguyuban, baik jaranan, bantengan maupun tari, Minggu siang 11 Juni 2023 pukul 13.00 Wib, mereka berkumpul berkolaborasi di Jalan Santoso, Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.


Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan pemuda pecinta seni dan budaya, Yiyesta Ndaru Abadi.SH.MH, Yoyok edi sunaryo selaku sekretaris jaranan malang raya, para tokoh dan budayawan Kota Malang, mereka mengadakan kolaborasi pentas bersama dalam mempersatukan suatu karya dan sejarah peninggalan akan seni dan budaya bangsa Indonesia. 


Yiyesta Ndaru Abadi.SH.MH, sang pemuda pecinta seni dan budaya menyampaikan, pihaknya mewakili rekan-rekan budayawan, akan selalu mendekatkan sama pemerintah akan apa yang di harapkan para seniman Kota Malang khususnya, agar membantu secara maksimal dalam menjaga dan melestarikan sejarah bermakna tersebut. 


"Kami sangat senang dengan banyak pemuda- pemuda yang masih mencintai kesenian jaranan dan batengan ini, tapi bukan hanya senang saja. Namun, kami bersama para budayawan akan lebih mendekatkan lagi ke pemerintahan, agar sejarah penuh makna ini tetap terjaga dan di lestarikan," tutur Yiyesta (Minggu, 11/6/2023).


Kamipun akan tetap mempersatukan tekad kepemudaan ini lebih kokoh, menciptakan suatu bentuk yang berkarya kelak nanti. Tentunya juga kata yang melekat dari sosok Sukarno, yaitu Tri Sakti Berdaulat Dengan Politik Berdikikari dalam Ekonomi Berkepribadian dalam Kebudayaan,Oleh karna itu belionya akan mendekatkan kepada teman-teman muda kota malang di dunia pendidik dan kebudayaan, "imbuhnya saat di wawancara oleh tim media".


Secara tidak langsung, Yiyesta menyentuh kesenian jaranan yang di kawal oleh Yoyok edi sunaryo, selaku sekretaris jaranan malang raya. Bertempat di jalan bandulan gang 9 nomer 601, yang didirikan pada tanggal 28 april 2018.


Saat beranggotakan sekitar 100 sampai dengan 120 orang, yang pernah di ketuai oleh almaruhum Drs ratmoko, dengan visi misi bermatabat dan bermanfaat terutama kebudayaan yang bisa mendidik kedepan masa anak muda. Dan sangat bermanfaat bagi pagayuban seni buda jaranan dan bantengan malang raya.


(Ri/Red/Jejenews).